Dinamika Perilaku Ghasab di Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.61433/alnadhair.v2i1.21Keywords:
Behavior, Ghasab, Boarding School, santriAbstract
Ghasab merupakan perilaku menggunakan barang milik orang lain tanpa izin. Ghasab
seringkali terjadi pada lingkungan asrama khususnya di pesantren. Penyebab ghasab terjadi
di pesantren karena adanya lingkungan yang tercipta dari budaya menggunakan barang milik
orang lain tanpa meminta izin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang
menyebabkan santri melakukan ghasab dan proses terjadinya kebiasaan perilaku ghasab di
pesantren. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Responden penelitian diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data
dilakukan dengan Teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebersamaan
santri menghasilkan kedekatan yang membuat mereka cenderung untuk memaafkan dan ikhlas
terhadap perilaku sesama santri. Terdapat dua faktor utama penyebab perilaku ghasab di
pesantren yakni factor eksternal dan internal. Faktor eksternal terdiri dari pengaruh kakak
kelas, pengaruh teman sebaya dan kehilangan barang akibat kondisi lingkungan pesantren.
Faktor internal terdiri dari berpikir bahwa orang lain juga melakukan ghasab, malas meminta
izin dan merasa tidak ketahuan.
Downloads
References
Andini, P. (2012). Senioritas dan Perilaku Kekerasan Dikalangan Siswa: Studi Kasus SMP PGRI 1 Ciputat Tangsel. (Skripsi). Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Baihaqi. (2016). Pengantar Psikologi Kognitif. Bandung: Refika Aditama.
Baron, R. A., & Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
Diputri, H. N. A. D. (2018). Perilaku Kepatuhan Siswa: Deskripsi dan Rancangan Intervensi Psikologis. (Thesis). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ernawati., & Baharuddin, E. (2018). Peningkatan kesadaran santri terhadap perilaku gasab dan pemaknaannya dalam hukum islam dan hukum positif. Jurnal Abdimas. 2(4). 205-210
Gerungan. W. A. (2004). Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.
Hamzah, A. (2019). Metode penelitian kualitatif. Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Henarosa, S., & Rahmawati, I. P. (2020). Hubungan Kelekatan Teman sebaya (Peer Attachment) Terhadap Kompetensi Sosial Pada Siswa di SMA Negeri 1 Kencong. (Skripsi). Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.
Hikmah, N., Sedjo, P., & Julianti, A. (2019). Pemaafan dan kualitas persahabatan santri yang tinggal di pondok pesantren. Jurnal Psikologi, 12(1), 31-44
Khaulani, A. T. (2015). Ghasab di Pesantren Daarun Najaah: tinjauan pendidikan akhlak. (Skripsi). Semarang: Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo.
King, L. A. (2010). Psikologi Umum: Sebuah Pandangan Apresiatif. Jakarta: Salemba Humanika.
Lestari Y. I., & Palasari, W. (2020). Hubungan Antara Kualitas Persahabatan Dengan Kebahagiaan Pada Santri Pondok Pesantren IIK Riau. Jurnal Psikologi Jambi, 05(02), 17-27
Mayasari, A. K. (2009). Kontribusi Kognisi Sosial Terhadap Sikap Sosial Mahasiswa UNNES yang Telah Mengikuti Kuliah Kerja Nyata Tematik Penuntasan Buta Aksara di Kecamatan Sumowono Semarang Tahun 2008/2009. (Thesis). Semarang: Universitas Negeri Semarang
Mustafa, H. (2011). Perilaku Manusia Dalam Perspektif Psikologi Sosial. Jurnal Administrasi Bisnis. No 2 vol 7 143-156.
Mutoharoh & Jacky, M. (2017). Fenomenologi Resistensi Santri Terhadap Tata Tertib Pondok Pesantren. Paradigma, 05(02), 1-7.
Myers, D. G. (2012). Psikologi Sosial. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.
Qalbi, N., & Ibrahim. (2021). Senioritas dan Perilaku Kekerasan Dikalangan Mahasiswa: Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar: Journal of Social Sciences and Humanities, 1(1), 30-37
Rice, F. P. (2001). Human Development 4th ed. New Jersey: Prentice Hall.
Sarwono, W. S. (1999). Psikologi Sosial: Individu dan Teori-Teori. Jakarta: Balai Pustaka.
Shobihah, I. F., & Faturochman. (2016). Makna dan Dinamika Relasi Pertemanan Santri. (Tesis). Diakses dari http://etd.repository.ugm.ac.id/, 24 November 2021
Solso, R. L., Maclin, O. H., & Maclin, M. K. (2008). Psikologi kognitif. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Stella, Y. P. (2013). Analisa perilaku Imitasi Dikalangan Remaja Setelah Menonton Tayangan Drama Seri Korea di Indosiar: Studi Kasus Perumahan Pondok Karya Lestari Sei Kapih. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(3), 66-80.
Sternberg, J. R. (2008). Psikologi Kognitif, 4th Edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tianingrum, N. A., & Nurjannah, U. (2019). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Kenakalan Remaja Sekolah di Samarinda. Jurnal Dunia Kesmas, 8(4), 275-282
Wahyudi, I. (2008). Budaya gasab Di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Muhsin Condong Catur, Depok, Sleman (Skripsi). Yogyakarta: Skripsi Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri.
Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura: Studi Kritis dalam Menjawab Problem Pembelajaran di MI. Jurnal Aladuna,, 1(2), 94-111
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Al-Nadhair
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.